Paspor, Tiket & Visa Korea


Sudah menjadi persyaratan mutlak, kalau mau keluar dari zona NKRI, musti harus punya yang namanya paspor. Karena seumur hidup baru pertama kalinya berencana mau melangkahkan kaki keluar batas teritorial, tentunya aku belum punya yang namanya paspor. So, harus mengurus paspor dulu. Sewaktu mau menyiapkan persyaratan pengurusan paspor, alamak! KTPnya juga udah mau expired. Manyun hehehe. Tetapi kalau nggak ngurus paspor pun pastinya KTP harus tetap diperpanjang. Belum sanggup jadi penduduk tidak ber-KTP hihihi, kena razia diusir ke bulan kan repot. 

Sekitar pertengahan Februari 2011, mengurus KTP baru dan KK, karena KTP sebelumnya masih numpang alamat hahaha. Selain aku harus mengurus KTP dan KK, ternyata akte kelahiran pun entah berada dimana. Jadinya minta tolong kakak yang di Padang untuk pengurusan KK. Udah umur segini baru ngurus KK? Hahaha urus lagi oiii! Persiapan untuk KTP, KK & akte kelahiran memakan waktu sampai dengan awal Maret 2011. Setelah KTP dan KK selesai, mulai menyiapkan syarat-syarat pengurusan paspor :
  • KTP asli & photocopy
  • KK asli & photocopy
  • Akte kelahiran asli dan photocopy atau Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah
  • Akte Nikah (bagi yang sudah menikah, yang belum nggak harus menikah hihihi ya iyalahhhh) – jadi persyaratan ini aku nggak siapin :D
  • Surat ganti nama (jika direncanakan akan dilakukan perubahan atau pergantian nama) – namaku sudah keren, jadi nggak berniat :D
  • Surat rekomendasi tertulis dari atasan atau pimpinan bagi yang bekerja sebagai PNS, karyawan BUMN, TNI/Polri atau karyawan swasta.
  • Melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku. Ketentuannya sekitar Rp 270.000. Rinciannya Biaya buku paspor isi 48 lembar Rp 200.000, biaya foto elektronik Rp 55.000 dan biaya sidik jari elektronik Rp 15.000. Untuk formulir gratissss.
  • Paspor Asli, yang masih berlaku minimal 6 bulan
  • Pas Photo 4 x 6 1 lembar, latar putih
  • Aplikasi visa, bisa didownload di sini
  • Surat referensi bank
  • Rekening Koran 6 bulan terakhir
  • Surat sponsor dari kantor + surat keterangan kerja (bagi yang masih di bawah lindungan orang tua surat keterangan dari ortu)
  • Potocopy KK, akte kelahiran, KTP, dan NPWP (bagi yang punya NPWP tentunya)
  • Photocopy bukti booking tiket pp, atau kalau sudah punya tiket, photocopy tiketnya. 
  • Single Visa(Di bawah 90 hari) : USD 30   
  • Single Visa(Di atas 90 hari) : USD 50      
  • Multiple Visa : USD 80-an
  • Itinerary yang aku buat berdasarkan info dari buku “3 Juta Keliling Korea Dalam 9 hari” dan info-info di internet (sangat gampang mencarinya karena di Korea sendiri sedang gencar-gencarnya Visit Korea Year 2010 – 2012. Salah satunya di sini)
  • peta subway
  • buku “3 Juta Keliling Korea Dalam 9 Hari”
  • sedikit kemampuan berbahasa Korea dari Aisyah :)
  • kamus bahasa Korea (yang akhirnya jarang dipakai hihihi)
  • dan tentu saja berbekal doa perjalanannya dilancarkan.
  • pakai duit juga hahaha (ntar adayang  iseng lagi. Hah? Nggak modal duit? Hahaha)
Setelah semua persyaratan lengkap kemudian aku serahkan ke calo. What? Calo? Ini pilihan saja sodara-sodara, tetapi kalau punya waktu lebih lebih baik diurus sendiri ke imigrasi, karena tentu biayanya akan lebih murah. Maksimal setelah penyerahan berkas, photo & sidik jari, pengambilan paspor sekitar 4 hari atau 7 hari berikutnya. Bukan berarti aku sok sibuk juga. Karena pertimbangan waktu dan transport bolak balik hampir sama, ya akhirnya dengan berat hati menyerahkan semua berkas-berkas itu ke calo. Ingat jangan ditiru! Tetap sih harus datang ke kantor imigrasi untuk photo dan sidik jari, tetapi nggak harus dari subuh sampai sore seperti pengalaman seorang kenalan baru saat antri photo & sidik jari. 

Kesan pertama menginjak kantor imigrasi, sempat mikir apa salah masuk. Ini pasar atau kantor ya? Hahaha maksudnya rameeenyaaa itu lho. Gila orang-orang Indonesia pada kaya-kaya ya hahaha. Abisnya kanan kiri yang ditanya pada mau jalan-jalan ketika aku tanya alasan mengurus baru atau perpanjang paspornya. Oke baiklah ^_^

Akhir Maret 2011, paspor sudah jadi. Saatnya mengurus visa, karena untuk menyambangi negeri ginseng tersebut kudu pakai visa. Mulai deh mengumpulkan informasi persyaratan visa ke Korea. Syarat-syaratnya sebagai berikut :

Sekali lagi, kali ini aku juga tidak mengurus visa langsung ke kedutaan Korea, karena 2 orang temanku domisilinya bukan di Jakarta (aku berangkat dengan Aisyah dan Fatimah, adiknya. Aisyah teman kuliahku). Sekedar informasi biaya pengurusan langsung ke kedutaan adalah :

Ada beberapa travel yang aku kumpulkan infonya tentang persayaratan dan biaya pengurusan visa ke Korea. Ada dua travel besar yang sempat bikin hati gondok. Mereka bilang syarat utama untuk ke Korea itu harus punya saldo di tabungan minimal 50 juta. Helo!!! Lu kata enam hari doang di Korea buat apa 50 juta! Lebayyy!!! Masak gue musti jadi orang kaya dulu baru bisa jalan-jalan. Apa musti ngerampok bank? Benar-benar nggak informatif nih travel.

“Soalnya ya Mbak, ada beberapa klien kami ditolak visanya karena saldonya kurang 50 juta”

Hahaha, bilang aja lu males ngurusin visa gue ama teman-teman gue. Secara kami hanya bertiga, bukan rombongan.Ufff  tenang…tenang… :)

Akhirnya aku mencari informasi ke travel yang ada di daerah Jakarta Selatan juga, ya tapi nggak segede-gede gaban yang dua sebelumnya hihihi, masih emosi. Pertanyaan pertama yang aku ajukan tentunya masalah 50 juta itu.

 “Mas, emang bener ya kalau ke Korea syaratnya yang utama harus punya uang di bank minimal 50 juta?”

“Ahhh nggak kok Mbak, 15 juta sampai dengan 20 juta saja sudah cukup. Apalagi kalau mbak sudah punya tiket pp. Yang penting itu uang di tabungan cukup untuk membiayai hidup selama di sana.” Membiayai hidup lho ya, bukan belanja-belanja hahaha.

 Jadi sebenarnya saldo uang di bank untuk pengajuan visa ke Korea tidak ada jumlah pasti, tetapi formulanya cukup untuk biaya tiket, biaya hidup selema di Korea, uang saku/belanja. Uang tersebut harus ada di tabungan paling tidak selama 3 bulan sebelum memasukan aplikasi visa ke kedutaan (Sumber twitter @ClaudiaKaunang). Tetapi sekedar info, kita uangnya tidak selama 3 bulan juga ada di rekening sewaktu mengajukan visa :). Namun akan lebih baik memenuhi syarat paling tidak tiga bulan uangnya ada di rekening tabungan yang jumlahnya sesuai formula. 

“Kalau paspornya masih kosong?”

“Asal persayaratan terpenuhi bisa-bisa aja lagi Mbak.”

Cukup membuat hati adem mendengar jawabannya.

“Tapi tetap lho ya Mbak, yang menentukan bisa atau tidak pihak kedutaan, bukan kami. Tapi sejauh ini klien kami lolos-lolos saja ke sana.”

Yes! Ya iyalah pastinya wewenang kedutaan tapi paling tidak sudah memberikan angin segar. Tidak harus dengan 50 JUTA baru tuh si visa lancar urusannya. Akhirnya aku baru menanyakan informasi syarat-syaratnya serta biaya yang harus dibayarkan, secara biaya sih memang lebih mahal karena dia mengurusnya janji maksimal 5 hari kerja. Sedangkan 2 travel gede itu 8 hari kerja. Tapi beda-beda tipislah. Kami memang butuh yang pengurusan visanya lebih cepat, biar deg-degannya nggak lama. Karena tiketnya sudah di tangan hahaha.

Rencana awal berangkat bulan September 2011, tetapi karena sesuatu dan lain hal akhirnya kita sepakat dimajukan awal Juni 2011. Jadilah semuanya dimajukan, pencarian tiket dan pengurusan visa. Aku sendiri sudah memantau harga tiket sejak awal Maret 2011. Aku dan teman-temanku memutuskan untuk naik bukan pesawat low budget untuk penerbangan pertama ke negara orang (pertama buatku, bukan dua orang temanku hahaha). Untuk penerbangan memang pilihan, secara kami belumlah backpacker sejati :). Kami pun masih geret-geret koper bukan ransel. Istilahnya sih flash backpacker. Tetapi apa pun istilahnya nikmati saja perjalanannya :). Untuk pilihan pesawat ke Korea lumayan banyak pilihan pesawat yang low budget. Dan sepertinya akan menjadi pilihan untuk perjalanan-perjalanan berikutnya. Mari menabung dan mari travelling! Amiin.

Untuk tiket pesawat yang kami pilih pun sebenarnya juga lagi ada promo, makanya sempat dilema memutuskan apakah membeli tiket pesawat setelah visa lolos atau ambil yang promo. Dan jelasss kami memutuskan mengambil resiko untuk membeli tiket terlebih dahulu hahaha. Mumpung ada promo. Aku membeli tiket tanggal 17 April 2011, sementara berkas persyaratan visa aku kirim tanggal 26 April 2011. Deg-degan juga sih. Gimana nasib tiket yang promo ini kalau visa gagal. Tetapi optimis ahhh. Prosesnya sendiri baru jalan dua hari setelah itu karena menunggu berkas temanku ada yang kurang. Dan! Sekitar tanggal 6 Mei 2011, ditelpon sama pihak travel.

“Selamat ya Mbak, visanya sudah keluar. Jadi juga nih pergi.”

Alhamdulillah. Akhirnya. Satu persatu berjalan dengan lancar. Akhirnya tanggal 1 Juni 2011, kami terbang ke Korea. Yang menjadi modal kami ke sana adalah:

Kami memang sepakat pergi ala-ala backpacker, tetapi seperti yang aku bilang, mungkin masih semi bacakpacker. Jadi semua persiapan dari awal kami diskusikan dan urus sendiri. Karena jarak kami komunikasi via telpon, sms atau email. Selain alasan mahal kalau ikut rombongan travel, ingin mencari pengalaman itu alasan utama kenapa kami memilih jalan-jalan metode backpacker *semi ^_^* (gaya deh, bilang aja duitnya pas-pasan hahaha).

Sebelum berangkat, aku membuat chek list barang-barang yang harus dibawa, agar tidak ada yang terlupa. Satu hal yang lupa aku masukan dalam list adalah peralatan makan hahaha. Bukan kompor dan rekan-rekannya juga. Sendok, gelas plastik yang multifungsi (buat minum dan masak mie instant hahaha) karena negara yang dikunjungi jarang makanan halalnya :). Untung kemaren itu Aisyah bawa lebih hahaha. 

Untuk menukar mata uang, aku lebih memilih menukarnya di Indonesia, lebih gampang dan nggak ribet. Masak nanti jalan-jalannya malah nyariin money changer :). Kalaupun di bandara ada, kursnya kurang bersahabat :D.

Selain itu aku juga rajin memantau kondisi cuaca di sana, seminggu sebelum berangkat, biar nggak salah kostum dan untuk persiapan kondisi badan juga. Dan untuk penginapan, kami memilih untuk booking online hanya pada hari pertama. Jadi kami booking untuk hari pertama di Seoul dan di Busan. Sehingga kami tidak perlu mencari-cari hostel/guesthouse pada saat sampai di Seoul atau pun Busan nantinya. Untuk menghemat waktu dan berjaga-jaga kalau hostel pada penuh. 

Kami memilih Kimchi Hong Guesthouse (tapi sayangnya sudah tutup :( padahal lumayan bersih dan strategis) untuk hari pertama di Seoul dan Marubee Guesthouse di Busan. Kami booking via HostelBookers.com. Hanya perlu membayar uang muka 10% dari harga kamarnya.

Semua persiapan done!

So, let go to Korea!

Dee


Sumber photo : Google

31 komentar:

  1. hai berguna banget infony ^^ kebetulan saya bareng 3 temen saya juga mau k korea tahun depan bulan agustus, sama kaya kamu ala semi backpacker. Tiket udah di tangan galau sama visa hua hua. Bole saya minta nama n alamat travel agent yg bikinin visa ny? kebetulan kita jg di "todong" 50 jt sama beberapa travel agent. kamsamida

    BalasHapus
  2. Hi sis..
    Baca Blog kamu, saya jadi merasa senasib..
    Panik urusin visa.. Takut di tolak lah, saldo cm 10jt lah.. Mw gila rasanya.. >.<;

    Mei nanti saya dan bbrp teman akan ke korea..
    Need Info dunx, ttg total uang di tabungan yang kamu siapin jadinya sekitar brp?
    Sama minta alamat travel km + harganya donx..

    Kamu bisa email saya di: kikis.sabrina@yahoo.com

    Thanks yaa... ^___^

    BalasHapus
  3. kamu siapin uang berapa waktu ke korea
    ini email ku husni@dr.com

    BalasHapus
  4. helo salam kenal :) pas banget lagi cari info ttg visa korea, jd deg2an pgn beli tiket promo tp takut ditolak visanya.. boleh minta bocorannya juga ga jd pas itu ditabungan disiapin berapa? dan total biaya selama disana.. boleh dikirim ke hanya_andhien39@yahoo.com makasih loh :D

    BalasHapus
  5. hai, aq suka sharing kamu..beneran aq jg cari info soal ini.
    boleh kan bagi infonya tentang berapa total tabungan yang mesti disiapin mulai dari pengurusan visa sampe biaya perjalanan di korea.
    juga nama travel yang bantu urus visa kamu ^^
    email aq di : claradwi15@gmail.com

    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  6. Maaf, ngerepotin, tapi pertanyaanku sama kaya clara diatas. Ttg jumlahsaldo tabungan sebelum ngurus visa. Tolong infonya ya~~^^ ecy_cas@yahoo.com

    BalasHapus
  7. kk , boleh minta info tentang travel agent ga ? yang minimal saldo visanya kecil hanya untuk 2 mingguan kalo boleh minta info trims :) @Hopes.miracle@yahoo.com

    BalasHapus
  8. Kakak,,boleh kan bagi infonya tentang berapa total tabungan yang mesti disiapin untuk syarat pebuatan visa dan sampe biaya perjalanan di korea.
    juga nama travel yang bantu urus visa kamu ^^
    email aq di : ani.kris01@gmail.com..
    Info dari kakak sangat berati banget neh,,makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  9. halo, terimakasih untuk sharingnya yg sangat bermanfaat. bisa tau nama travel tempat kamu ngurus visanya?? email ku di anita.juliandra@gmail.com
    thanks yaa :)

    BalasHapus
  10. haii salam kenal kebetulan lagi cari info ttg bikin visa korea boleh bagi infonya donk ttg jumlah saldo tabungan sebelum ngurus visa.dan total biaya selama disana emailku barlasari63@gmail.com makasih ^_^

    BalasHapus
  11. like this post so much!
    aku juga lg butuh bgt visa korea nih soalnya ada konferensi gitu dan pengumuman penerimaannya dadakan bgt, tapi:
    1. aku cuma punya waktu 2 mggu sblm keberangkatan buat ngurusin visa
    2. saldo tabungan yang mengendap selama 3 bulan terakhir jg ga mencapai 10 juta. sdgkan si pihak travel agent minta min. 50 juta
    3. karna ak masih mahasiswa, apakah aku bisa pake rekeningku sendiri atau harus rekening tabungan orang tua yaa?

    pliiiiisss advice me by email : kikicici.amalia@gmail.com

    BalasHapus
  12. hai uni.. :D

    berguna banget blog n nice info.. ^_^

    o ya uni.. mau tau dunkz travel agent yg ngurus visanya.. sama no telepon Travel Agentnya juga.. hehehe

    mohon di emailin ya uni.. doankdini19@yahoo.com

    makasih ^_^

    BalasHapus
  13. sist......... mnt info travel agentx doonk >.< pliiss~~~ saya april ini mw k korea udah beli tiked PP :') sakid hati sama kata" kudu 50juta -_-

    mohon emailx yah starmarsia@gmail.com

    BalasHapus
  14. Sist..... Senang dapat info ini, aku sama saudara juga mau ke korea, bisa minta nama travel agentnya ya..... mohon email ke deekamarullah@gmail.com . Makasih ya

    BalasHapus
  15. Wah Kak seru bacanya.. Ya bener Kak saya ja tnya ke beberapa agen tentg pembuatan visa mesti ada 50jt d tabungan... Aku berniat mau ke Korea bulan Agustus tahun nih ... Dan masih cari info untuk visa koreanya juga. Boleh minta info travel agentnya?? ^^ ... Mohon kirim email ya pujinurqolbianti@ymail.com ... Di tunggu Kak :)

    BalasHapus
  16. Wah, terima kasih atas sharingnya. Boleh minta info nama travel agentnya nggak? Bisa dikirim ke nindy_cygnus23@yahoo.com

    BalasHapus
  17. salam kenal......thanks for sharing this information for us......very useful
    bisa kasih info dong nama travel yg bisa ngurusin visa ke korsel, bisa email ke andalusia_halim@yahoo.com
    thanks yaaaaa

    BalasHapus
  18. haaay... boleh minta nama travel nya untuk pengurusan visa k korsel, tolong kirim k email istiqomah_destia@yahoo.co.id yaa... khamsahamnida eonni :*

    BalasHapus
  19. aku jg minta dong.......gak minta duit kok...minta nama dan alamat travelnya aja...maksih ya sebelum nya email yuri.kansai@gmail.com

    BalasHapus
  20. aku jg minta dong.......gak minta duit kok...minta nama dan alamat travelnya aja...maksih ya sebelum nya email yuri.kansai@gmail.com

    BalasHapus
  21. Ini alamat travelnya ya (nih travel musti bayar nih sama aku hahaha)

    Batemuri Tours & Travel
    Menara Hijau Lt. 3
    Jl. MT. Haryono Kav 33 Jakarta 12770
    Telp : 02107985920

    BalasHapus
  22. Admin kasinfo dong klo mau ambil visa wisata sendiri ambil aplikasi yg mana ya?? Trus syarat ny ap??? Klo ngurus ny lewat travel byar ny berapa??

    BalasHapus
  23. Kak boleh dong Info buat saldo minimal ke koreanya boleh?
    Maaf ini email aku pujinurqolbianti@ymail.com
    Di tunggu ya Kak :) soalnya Agustus 2015 mau berangkat

    BalasHapus
  24. Kakk..boleh minta kontak travel agent nya? aku niat ke korsel tahun depan .kebetulan lokasi ku di semarang jd ga bs urus sendiri :( . emai aku ya for info nya : ekafebrianti93@ymail.com
    terima kasih dan salam kenal ;)

    BalasHapus
  25. Hi mb... Aku mau tanya dong...
    Bodohnya aku ni... Berhubung ke korea mau dibayarin, saldo atmku ini bnr2 ga banyak... Ga sampe 6 jt malah.
    Pas diminta rekening koran, panik lah... Karena kan syaratnya salah 1 aja, makanya yg kubawa cuma spt.

    Trs kata mbak2nya krn pasporku msh baru, pdhal yg lama kulampirin, aku disuruh lengkapin rek koran.

    Gimana yah? Mending aku isi dulu sampe 20jtan ato biarkan saja??
    Rekening koran org yang bayarin aku sh udh ada juga...

    Makasih klo ada yg mau bantuu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk saldo sebaiknya sejumlah biaya hidup selama di sana, kalau tiket pp sudah ada. Sebaiknya saldonya ditambahkan sampai 15 - 20 juta. Kamunya kalau belum bekerja, bisa dilampirkan rekening koran orang tua. Semoga jawabannya membantu.

      Hapus
  26. Hai mbak..tulisannya membantu sekali. Bolehkah minta info travel agent yg ngurusin Visa nya dan berapa biaya nya? Kalau boleh diemail ke rufaida.irianti@gmail.com Terima kasih

    BalasHapus
  27. Hai mbak..tulisannya membantu sekali. Bolehkah minta info travel agent yg ngurusin Visa nya dan berapa biaya nya? Kalau boleh diemail ke rufaida.irianti@gmail.com Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di cek ya di komen sudah pernah aku tulis nama travelnya :), terakhir tahun 2012 itu untuk biayanya sekitar 500.000

      Hapus
  28. Halo kakk keren bangeet hihi
    btw panggilannya unidaesaan org minang kah?

    BalasHapus