EROPA, Tuhan Akan Memeluk Mimpimu...












Eropa? Coba ulangin, Eropa? Yakinnn kamu, Dee? Eropa lho ini. Mahal lho. Pikir -pikir lagi deh.

Asli ya itu kalimat di atas ngeremehin banget ahahaha. Tapi kalau dipikir-pikir lagi emang ada benernya juga sih. Alasan utama banget Eropa itu super duper mahal. Lagi pula sepertinya Eropa juga belum ada di list impianku. Ehhh tapii sepertinya ada deh. Aha! Beneran terselip kata-kata Eropa.

34.  Pengen nyobain musim dingin di salah satu negara Eropa atau Asia (Jepang atau Korea). Target akhir 2014 atau 2015

Benar sekiranya kata-kata Arai dalam buku Sang Pemimpi-nya Andrea Hirata “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu”. Tentunya kita nggak hanya sekedar bermimpi, namun harus tetap berdoa dan berusaha. Mimpi doang nggak ada usaha mah namanya ngaranggg, ngayalll.

Oke, balik ke list impian itu, ternyata ada terselip Eropa-nya, walaupun keinginan sebenarnya adalah untuk melihat salju. Seperti kebanyakan orang-orang negara tropis, melihat salju adalah sebuah impian. Bagiku melihatnya di Korea atau Jepang sudah cukup, karena Eropa bagiku adalah “jalan-jalan” mahal. Ke sana tiketnya mahal, paling tidak di atas 10 juta. Belum lagi biaya hidup di sana. Keinginan ke Eropa untuk sementara disimpan di lubuk hati yang paling dalam, berharap ada keajaiban ^^ *tsahhh*.

Ternyata keajaiban itu ada! Dikirimkan Tuhan lewat komunitas FB Bacpakcer Dunia. Meskipun bukan anggota aktif, hanya silence reader, sesekali komen *jarang pake banget juga komennya*. Pada suatu hari, entahlah itu hari apa ahahaha, aku melihat postingan “menggoda” di sana. Ada yang “pamer” dapat tiket ke Eropa pp di bawah 5 juta rupiah saja. Dihhh ini seriusan atau nih orang lagi ngayal ya? Setelah aku cek komen-komen ternyata itu bukan khayalan semata. Saat itu hanya berkomentar dalam hati “keren”, belum berniat juga buat cek tiket. Inilah salah satu manfaat bergabung di komunitas ini, bisa tahu promo-promo tiket. Mudharatnya, bisa mupeng abis liat postingan perjalanan orang-orang ahahaha.

Dan Tuhan juga tidak menghentikan “godaan” itu. Aku melihat postingan itu di pagi hari, sore harinya teman kantor menawarkan promo tiket ke Maroko. Ya Tuhan, kehidupan macam apa ini? Ahahahaha. Atas tawaran ini spontan aku menjawab, “Tuh ada promo ke Eropa di bawah 5 juta. Kalau lo nemu, gw ikutan deh”. Saat itu sih sebenarnya jawabnya ngasal, karena mikirnya promo tiket itu kan nggak banyak. Kemungkinan dapat juga kecil. Tetapi apa yang terjadi?

“Ada nih mbak, 4,7 jutaan”.

‘Seriusan? Pergi doang kali itu”.

“Kagak, dari Kuala Lumpur ke Amsterdam, pulangnya Roma ke Jakarta”.

Matek ahahahaha. Dan aku pun segera cek di Skyscanner, dan taraaa! Benar adanya tiker seharga segitu. Ini godaan terberat abad ini. Semua godaan ini berakhir dengan dibelinya tiket ini pada tanggal 2 November 2015 sekitar pukul 08.15 malam, untuk keberangkatan tanggal 21 April sampai 06 May 2016 seharga GBP 217.80 dengan kurs BII IDR 21.758, dan ada biaya GBP 15.80 untuk dua orang. Rute penerbangannya Kuala Lumpur – Doha (transit) – Amsterdam, Roma (Fiumicino) – Doha (transit) – Jakarta. Promo ini dipersembahkan oleh QATAR AIRWAYS! Cinta deh ahahaha. Sering-sering aja promonya.

Benar lagi kata orang-orang tua, jangan suka asal ngomong ntar kejadian. Kejadian begini mah sepatutnya disyukuri ahahaha. Disumpahi jalan-jalan mulu juga nggak masalah, asal ada yang sponsori ahahaha. Ada yang berminat? Tetapi kenapa ya asal ngomong masalah jodoh kok belum kejadian mulu yak? #ehhhh buahahaha.

Kembali ke tiket, pemilihan tanggal dikarenakan beberapa hal. Pertama karena musim semi, Tulip sedang bermekaran di Belanda. Kedua, aku entah kenapa paling nyari musim kalau keluar negeri itu kalau nggak musim semi ya musim gugur (untuk negara 4 musim). Kalau musim dingin setelah dipikir-pikir kalau ke Eropa sayang, nggak bisa terlalu menikmati perjalanan karena cuaca yang dingin. Impian untuk melihat salju sepertinya cukup di negara Asia. Sementara itu untuk musim panas selain dipastikan akan mahal karena mereka lagi liburan, aku sendiri rada anti musim panas ke negara orang, negara sendiri udah panas cyinnn ahahaha.

Tiket Kuala Lumpur ke Jakarta baru kita booking tanggal 20 Januari 2016, seharga IDR 539.000 dengan Air Asia. Cerita tiket ini cukup tragis. Karena setelah kita selesai booking, esok harinya Air Asia ada promo buy one get one untuk penerbangan ke luar negri. Ini artinya keberuntungan itu nggak selalu ada kawan ahahaha. Lupakan promo yang dilewatkan, hadapi masa depan *apa deh*.

Saatnya urusan itinerary. Untuk urusan yang satu ini melewati beberapa fase perombakan, sampai akhirnya terciptalah itinerary yang spektakuler ^^. Adapun itinerarynya adalah: Belanda – Paris – Interlaken (Switzerland) – Innsbruck (Austria) – Praha – Italia (Venice, Cinque Terre, Pisa, Roma). Detail dari itinerary akan aku bikin dipostingan tersendiri nantinya.

Untuk penginapan, aku memilih menggunakan booking.com, hanya satu penginapan di Cinque Terre yang dibooking via Hostelworld. Kenapa booking.com? Karena nggak musti bayar DP dan biaya pembatalannya GRATIS. Sementara di Belanda kita nginap di rumah Mas Marco, Tanti’s husband. Nah kalau Tanti siapa? Teman. Kenal Tanti dari Iwid, teman SMPku. Mau nanya apa lagi? :p

Sarana transportasi untuk perpindahan antar negara atau kota kita menggunakan bus dan kereta. Dan dalam rangka pengiritan, untuk bus kita memilih untuk mengambil bus malam. Transportasi antar kota dan dalam kota kita beli online hanya yang di Italia. Untuk negara lain kita beli nanti di sana.

Detail tentang penginapan dan transportasi nantinya ada dalam postingan itinerary ya. Begitu juga untuk pengurusan visa. Kali ini aku akan bikin postingan khusus visa juga, karena untuk ke Eropa, visanya urus sendiri alias nggak pake jasa travel. Mari berdoa semoga yang nulis nggak pake malas ya. Berdoa, dimulai… ^^





Dee












10 komentar:

  1. Waaaaah..... udah sampe ke Eropa? hmmm.... seru pastinya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruuu Riu, nantikan ceritanya ya :)

      Hapus
  2. Jangan lupa ajak saya yah kak. Hehe

    BalasHapus
  3. Uni, saya sumpahin jalan-jalan bareng saya, hihihi.

    BalasHapus
  4. Uni, saya sumpahin jalan-jalan bareng saya, hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaminnn lagi, saking semangatnya Uyya :)

      Hapus